Dr. AMKA : MTs NU Pakis Berpotensi Menjadi Rujukan!

Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M. Pd.I. (Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang) dalam Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal di MTs NU Pakis.

MALANG, MTs NU Pakis.Sch.id Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M. Pd.I. (Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang) menjadi pemateri pada Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal di MTs NU Pakis, Senin (27/06/2022).

Dalam workshop dalam pergantian tahun ajaran ini, MTs NU Pakis secara khusus mengundang Dr. AMKA (Panggilan Akrab Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M. Pd.I. ) sebagai bentuk upaya peningkatan kapasitas guru dan pegawai di MTs NU Pakis. “Kegiatan ini adalah bukti bahwa MTs NU Pakis berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan siswa dan wali siswa” terang Dr. Najmah, M. Pd. (Kepala MTs NU Pakis). Salah satu faktor dari baiknya kepuasan siswa dan wali siswa adalah terus diperbaikinya mutu layanan yang disajikan oleh madrasah, tambahnya.

Dr. AMKA dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwasanya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) lembaga memang sangat penting. Ibarat sebuah kecakapan dalam menentukan bahan, menjaga kualitas juru masak dan proses memasak, SPMI menjadi skema “dapur” madrasah agar kualitas hidangan pembelajaran dan pelayanan kependidikan terjaga dengan baik. Secara lugas, beliau menyampaikan apa saja indikator lembaga yang sistemnya “rusak” :

a. Sering munculnya kegiatan tanpa perencanaan

b. Muncul kesalahan yang berulang dan tanpa perbaikan

c. Ada / Banyak kegiatan yang orientasinya tidak kepada “pelanggan”

Maka penting bagi sebuah lembaga ataupun organisasi apapun untuk memperhatikan 3 kata kunci mutu secara lebih seksama, Pertama adalah menentukan kriteria yang jelas terhadap SDM dan operasional yang ada, Kedua adalah berorientasi pada kepuasan “pelanggan”, dan yang Ketiga, adalah berkomitmen untuk melaksanakan perbaikan berkelanjutan dalam lembaga atau organisasi, tambahnya lebih lanjut.

Dr. AMKA juga menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi akhir tahun, persiapan tahun ajaran baru, dan workshop peningkatan SDM yang dilakukan MTs NU Pakis ini, sebenarnya menjadikan madrasah ini berpotensi untuk dapat menjadi rujukan bagi sekolah dan madrasah lain. Belum lagi memang track record MTs NU Pakis sebagai madrasah yang sering menjadi sasaran studi banding pengelolaan madrasah dan inovasi pembelajaran. “Semoga kegiatan serupa akan semakin banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan lain sebagai bentuk perbaikan sistem yang berkelanjutan dan hal tersebut adalah salah satu kunci penting penjaminan mutu di sebuah lembaga pendidikan” terangnya.

Kontributor : Rifqy Ulinnuha

Leave a Comment

Your email address will not be published.